SMAN 1 Depok Masuk 5 Besar Sekolah Berintegritas di Indonesia

Saintifika- SMA Negeri 1 Kota Depok masuk lima besar di Indonesia sebagai sekolah yang paling jujur dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Prestasi itu tidak lepas dari keberhasilan SMA Negeri 1 Kota Depok dalam mengintegritaskan nilai-nilai kejujuran dalam proses pembelajaran sampai tahap evaluasi terakhir..
Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan pada 21 Desember 2015 di Istana Negara, Jakarta. SMA Negeri 1 Kota Depok menjadi satu-satunya sekolah di Depok yang mendapatkan penghargaan sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan UN.
Wakil Kepala SMAN 1 Depok, Deden Suriasah kepada depok.go.id mengatakan predikat sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan UN dipantau sejak tiga tahun terakhir.
Selama melaksanakan UN, di SMAN 1 Depok tidak pernah ada temuan indikasi kecurangan sehingga tim pemantau meyakini SMAN 1 Depok tetap berintegritas mempertahankan kejujuran dan akhirnya sukses menyelenggarakan UN.
“Pemantauan dari tim dilakukan dari tahun 2013 sampai 2015. Indikatornya bukan hanya mengembangkan kepintaran saja, tapi mengembangkan karakter, di antaranya karakter jujur dan sopan santun,” kata dia Kamis (07/01/16).
Menurut Deden terbentuknya integritas dalam pelaksanaan UN tidak bisa dilakukan secara instan. Pasalnya, nilai-nilai tersebut ditanamkan sejak siswa baru menempuh pendidikan di SMAN 1 Depok.
Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Tatik Wijayati, memberi apresiasi kepada SMAN 1 Depok yang berpegang teguh pada nilai-nilai kejujuran sehingga berhasil meraih predikat sekolah paling jujur yang menyelenggaraan UN peringkat kelima se-Indonesia.
“Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan ini dapat menjadi ujung tombak lahirnya sekolah-sekolah di Depok yang membudayakan sikap jujur di lingkungannya, sehingga integritas kejujuran dapat dengan mudah diwujudkan,” kata Tatik.Adapun peringkat sekolah berintegritas tingkat SMA/MA/SMAK se-Indonesia, adalah;
1. SMAN 3 Surakarta (Jawa Tengah) 2. MAN Insan Cendekia (Gorontalo).
3. SMA Kolase Loyola (Semarang).
4, SMAK Yos Sudarso (Batam).
5, SMAN 1 Depok.
6. SMAN 1 Jember.
7. SMAN 3 Malang.
8. SMAN 1 Bantul.
9, SMAN 8 Yogyakarta.
10. SMA Regina Pacis Bogor.

Sumber : DepokRaya

Postingan Populer

Gambar

Absensi