OSN (Olimpiade Sains Nasional) Ajang Bergengsi Mengukir Prestasi


GPD ,Kalau kamu siswa SMP Kelas VII atau kelas VIII;  memiliki nilai rapor serendah-rendahnya 7,5 (tujuh koma lima) untuk bidang Biologi, Fisika, Matematika atau IPS; berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan narkoba……IKUTILAH OSN !
Himbauan di atas ada disetiap brosur yang disebarluaskan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok sebagai perpanjangan tangan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Dan sepertinya juga tidak asing  kejuaraan OSN ini bagi beberapa golongan masyarakat terutama di kalangan pendidikan. Namun apakah semua mengenal apa itu OSN ???
Mari kita cari tahu…OSN adalah singkatan dari Olimpiade Sains Nasional, program ini merupakan salah satu wahana bagi siswa guna menumbuhkembangkan kompetensi akademik untuk mendorong keberanian bersaing secara sehat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
Bidang yang dilombakan antara lain : Matematika, Biologi, Fisika dan IPS. Sedangkan yang menjadi sasaran kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini adalah semua siswa SMP termasuk SMP Terbuka, SD-SMP Satu Atap, Negeri / Swasta.
Dengan adanya OSN ini hasil yang diharapkan adalah terpilihnya siswa-siswi terbaik yang menguasai bidang ilmu dasar (Matematika, Fisika, Biologi, dan IPS) pada jenjang SMP, sebagai embrio yang disiapkan menjadi peserta olimpiade di tingkat Internasional.
Adapun persyaratan peserta untuk mengikuti OSN ini adalah :
  1. Berkewarganegaraan Indonesia
  2. Peserta adalah siswa SMP, kelas VII atau VIII pada saat mengikuti lomba baik di tingkat Sekolah, Kabapaten/Kota. Propinsi, maupun Nasional, dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah.
  3. Nilai Raport peserta lomba serendah-rendahnya 7,5 (tujuh koma lima) untuk bidang yang akan diikuti dalam lomba.
  4. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah.
  5. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan berdasarkan keterangan Kepala Sekolah.
  6. Setiap siswa hanya boleh mengikuti satu bidang lomba.
Tahap pelaksanaan lomba OSN ini di mulai dari :
  • Tahap I     :  Bulan April – Lomba tingkat sekolah
  • Tahap II   :  Bulan Mei    – Lomba tingkat Kabupaten/Kota
  • Tahap III :  Bulan Juni   – Lomba tingkat Propinsi
  • Tahap IV  : Bulan Juli     – Lomba tingkat Nasional
Bentuk kegiatan yang berlangsung dalam tahap pelaksanaan tersebut adalah seleksi materi lomba berbentuk teori di tingkat kabupaten/kota dan propinsi serta seleksi berbentuk teori dan praktik di tingkat nasional. Siswa/siswi yang berhasil meraih juara dalam  kegiatan OSN ini, akan diberikan  hadiah dan penghargaan sebagai motivasi untuk meningkatkan kegiatan belajar dan kegiatan  pendidikan lainnya di sekolah. Untuk pemenang di tingkat kabupaten/kota dan propinsi, diberikan oleh Pemda masing-masing, sedangkan untuk tingkat nasional diberikan hadiah dan penghargaan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Di kota Depok, sudah banyak siswa-siswi yang berprestasi mengikuti kegiatan ini, antara lain :
1. M.Ulil Amri (Siswa SMAN 1 Depok), Medali Perak OSN Astronomi di Medan 2011
2. Assifa Nur Hisana (Siswa SMAN 1 Depok), Medali Perak OSN Biologi di Medan 2011
3. Anindya Fitri Hapsari (Siswa SMAN 1 Depok),  Medali Perak OSN Ekonomi di Medan 2011
4. Pusaka Kaleb (Siswa SMAN 1 Depok),  Medali Perak OSN Komputer di Medan 2011
5. Andhika S. (Siswa SMAN 1 Depok),  Medali Perunggu OSN Matematika di Medan  2011
6. Arasyan Albar (Siswa SMAN 1 Depok),  Medali Perunggu OSN Ekonomi di Medan 2011
7. M.Rifqi Alfatih (SMAN 1 Depok),  Medali Perunggu OSN Komputer di Medan 2011
Namun prestasi yang diukir oleh siswa/siswi di Depok tidak hanya melalui OSN ini, banyak ajang yang bisa diikuti sebagai sarana pemicu prestasi para siswa/siswinya seperti :
1.    M.Reza Ardian (Siswa SMAN 1 Depok), Medali Perak IESO Modena Italia 2011 (Olimpiade Kebumian Internasional)
2.    Annavi Avicenna (Siswa SMAN 1 Depok), Pertukaran Pelajar (AFS) Tahun 2010-2011 ke USA
3.    Raita (Siswa SMAN 1 Depok), Pertukaran Pelajar (AFS) Tahun 2010-2011 ke Perancis
4.    Rendy Devara, Jeziel Alvin Jafar, Thariq Hassan (Tim Robotik Siswa SMAN 2 Depok) ; Menjuarai event Nasional dan Internasional dalam  “Technical Award Medal” di Olympiade Robot Internasional (IRO) 2011.
5.    Thahira Hanum (Siswa SMA Lazuardi), Juara 3 Debat Bhs.Inggris Tk. Prov.Jawa Barat
6.    Ashilan (Siswa SMA Lazuardi), Peserta Sunburt Youth Camp Singapore
7.    Nadya (Siswa SMA Lazuardi), Peserta Partnership Indonesia-Singapore Adventure Camp.
8.    Insan Cita, Ali Anzi, Aiman Idrus, Sakinah,  Aminah (Siswa SMA Lazuardi) ; Peserta Young Leader Summit PBB di Jakarta
Semua prestasi yang diraih oleh para siswa/siswi ini tak lain karena dukungan para guru pembimbing dan Dinas Pendidikan Kota Depok yang selalu mensupport berbagai kegiatan positif ini dengan sosialisasi yang berkesinambungan, tentu saja tujuannya supaya kelak siswa/siswi di kota Depok ini menjadi pribadi yang mandiri dengan berbagai prestasi yang mereka raih buat masa depannya kelak.
Terima kasih bapak/ibu guru tercinta, jasamu tak akan lekang oleh waktu, tak akan hilang dari ingatan sampai kapanpun. Kami segenap pemerintahan kota Depok sangat berterima kasih atas bimbingan para guru kepada siswa/siswi tercintanya, ukir sebanyak-banyaknya prestasi di kota Depok melalui sarana Olimpiade Sains Nasional(OSN) atau ajang lomba lainnya.
Sumber : Berita Depok

Postingan Populer

Gambar

Absensi