Menengok Prestasi Kota Depok di Bidang Pendidikan


Menengok Prestasi Kota Depok di Bidang Pendidikan


GPD- Depok adalah Kota Pendidikan. Istilah tersebut rasanya tidak salah, karena faktanya Depok memang memiliki beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma adalah dua di antaranya.

Prestasi bidang pendidikan di Kota Depok bahkan telah dimulai dari tingkat sekolah. Insan-insan pendidikan di Depok, baik guru maupun siswa, telah menunjukkan kualitas mereka, dengan meraih berbagai prestasi yang membanggakan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dua orang perwakilan Depok berhasil meraih gelar juara dalam lomba Guru atau Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional bulan Agustus 2010 yang lalu. Listiyawati, S.Pd.Bio, guru SMPN 6 Depok, meraih Juara II guru Berpretasi SMP.  M.Taufiqurrahman, SS, Kepala Sekolah TK Tunas Global Depok menjadi Juara III Kepala Sekolah berprestasi tingkat nasional

Di tingkat nasional, pelajar-pelajar kota Depok juga berhasil meraih hasil sangat membanggakan. Seringkali, kontingen Depok yang ikut serta dalam berbagai olimpiade di bawah kontingen Provinsi Jawa Barat, jumlahnya cukup signifikan.

Salah satu buktinya, dalam Olimpiade Sains Nasional IX 2010 di Medan, anak-anak cerdas ini berhasil meraih berbagai medali. Mereka membantu Provinsi Jawa Barat mencapai peringkat empat dalam klasemen akhir OSN IX 2010.

Mereka adalah Imam Agung Raharja dari SMA Pribadi Depok (Emas cabang Fisika), Lukman Hakim dari SMAN 1 Depok (Emas cabang Kimia), Rahganda dari SMA Pribadi Depok (Perak cabang Kimia), Ervano Nurriyadi dari SMAN 2 Depok (Perunggu cabang Fisika), Muhammad Iqbal Imaduddin dari SMAN 1 Depok (Perunggu cabang Astronomi), Atikah Nur Pajriyah Raharja dari SMAN 2 Depok
(Perunggu cabang Ekonomi).

Tidak hanya di tingkat nasional, pelajar dari Kota Depok juga telah mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. Alham Fikri Aji, siswa SMAN 1 Depok, menjadi anggota kontingen Tim Olimpiade Komputer Indonesia dalam International Olympiad in Informatics (IOI) ke-22, 14 - 21 Agustus 2010 silam. Aji pun berhasil memberikan medali perak kebanggan bagi bangsa Indonesia umumnya, serta Depok khususnya.

Pendidikan yang merupakan alat utama membangun masa depan bangsa, memang sudah seharusnya diperhatikan secara serius oleh pemerintah. Keberhasilan jangka pendek dari keseriusan itu ditunjukkan dengan berbagai prestasi yang diraih oleh insan-insan pendidikan, baik guru\/siswa. Keberhasilan jangka panjangnya adalah pendidikan yang dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Akhirnya, karena kualitas pendidikan Depok yang baik telah terbukti dari prestasi-prestasi tersebut, Depok pun mulai menjadi tujuan studi berbagai siswa dari wilayah sekitar. Akankah Depok dapat menjadi mercusuar kota teladan dalam bidang pendidikan?

Postingan Populer

Gambar

Absensi